JA Anion - шаблон joomla Новости

FOKUS

BERITA HUKUM & POLITIK

Gallery Video

senam bersama MS Kualasimpang & PN Kualasimpang
30/12/2016
Gencar Pembinaan Jarak Jauh, Apa yang Sering Disampaikan Dirjen Badilag?
MEMPERINGATI HUT DYK KE 14 CAB. KUALASIMPANG
11 November 2016
"Men Sana In Corpore Sano"
Didalam tubuh yang sehat terdapat Terdapat Jiwa yg kuat
Headlines:

Pedoman dan Materi Pengaduan

Pedoman dan Materi Pengaduan

PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIMDAN PEGAWAI

  1. Sumber pengaduan :
    1. Dari masyarakat :

-  Para pencari keadilan;

-  Pengacara;

-  Lembaga bantuan hukum;

-  Lembaga swadaya masyarakat;

-  Dewan perwakilan rakyat;

-  Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;

-  Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara;

-  Komisi pemberantasan korupsi;

-  Komisi hokum nasional;

-  Komisi ombudsman nasional;

-  Komisi yudisial;

-  Dan lain-lain.

  1. Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya)
  2. Laporan kedinasan.

-  Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.

  1. Informasi dari :

-  Instansi lain;

-  Media massa;

-  Isu yang berkembang.

  1. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;
  2. Proses penanganan pengaduan
    1. Pencatatan;
    2. Penelaahan;
    3. Penyaluran;
    4. Pembentukan Tim Pemeriksa;
    5. Survey pendahuluan;
    6. Menyusun rencana pemeriksaan;
    7. Pelaksanaan pemeriksaan

MATERI PENGADUAN

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim
  2. Penyalahgunaan wewenang atau jabatan
  3. Pelanggaran sumpah jabatan
  4. Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer
  5. Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat
  6. Pelanggran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman
  7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum

PENYELESAIAN PENGADUAN OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PENGADILAN

1.Pengadilan wajib memeriksa pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang diselenggarakannya.

  1. Dalam memeriksa materi pengaduan, penyelenggara wajib berpedomanprinsip independen, nondiskriminasi, tidak memihak, dan tidak memungut biaya.

3.Dalam hal pengadu keberatan dipertemukan dengan pihak teradu karena alasan tertentu yang dapat mengancam atau merugikan kepentingan pengadu, penyelenggara dapat mendengar keterangan pengadu secara terpisah.

  1. Dalam melakukan pemeriksaan materi aduan, penyelenggara wajibkerahasiaan.
  2. Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat(enam puluh) hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap.
  3. Keputusan mengenai pengaduan wajib disampaikan kepada pihak pengadulambat 14 (empat belas) hari sejak diputuskan.

pegawai kepaniteraan & kesektretariatan

 
 

Honorer

 
 

PENGUNJUNG

087890
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
7
166
438
86689
2674
2258
87890
Your IP: 54.225.26.44
24-10-2018

Perpustakaan Online

Link